Waspada Bagi Warga Tiga Kabupaten di Sulawesi Tengah, Ada Demam Babi

  • Whatsapp
Petugas Dinas Pertanian Morut melakukan vaksinasi ternak babi

PALU,– Sebanyak Tiga Kabupaten di sulteng yang terjangkit virus demam babi atau Africa Swine Fever (ASF), mengakibatkan ratusan babi milik peternak mati mendadak. Ketiga Kabupaten tersebut Kabupaten Poso, Morowali Utara dan Parigi Moutong.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah, Dandi Alfita, Kamis (08/06/2023) mengatakan, setelah dilakukan pengambilan sampel di tiga Kabupaten Sulteng telah dilaporkan sebagai zona merah ASF atau demam babi. Kemudian, baru-baru ini, 6 Juni terlapor di Kabupaten Parigi Moutong, juga positif terjangkit ASF.

Diketahui, penyakit tersebut sangat berbahaya sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 persen. Menurutnya, akibat demam babi berdasarkan laporan dari peternak babi sudah mencapai ribuan ternak milik mereka mati secara tiba-tiba.

Untuk itu kata dia, perlu perlakuan khusus pada bangkai ternak itu. Seperti penguburan massal dan melakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi-lokasi kandang tersebut.

Berita terkait