India Batasi Impor Laptop dan Komputer demi Hidupkan Industri Manufaktur Dalam Negeri

  • Whatsapp
Foto: Apple
banner 728x90

Jakarta,- India merencanakan bakal mengurangi impor barang elektronik seperti komputer dan laptop. Menteri Teknologi Informasi India, Rajeev Chandrasekhar, mengatakan pemerintah bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan produksi dalam negeri.

Mengutip dari CNC, Senin (7/8/2023) langkah tersebut diprediksi akan berdampak pada laptop dan komputer merek Samsung dan Apple yang diimpor ke India. Karena negara tersebut salah satu pasar elektronik konsumen terbesar di dunia.

Saat dimintai konfirmasi Apple dan Samsung tidak menanggapi permintaan komentar. Namun, dalam lapora Bloomberg kabarnya Apple, Samsung dan HP termasuk di antara perusahaan yang membekukan impor produk terlarang ke India.

Langkah tersebut dilakukan saat New Delhi berupaya memposisikan dirinya sebagai pusat manufaktur berteknologi tinggi untuk segala hal mulai dari elektronik konsumen hingga semikonduktor.

Sejumlah perusahaan besar memang telab menginvestasikan untuk membangun proyek di India. Seperti pembuat iPhone, Foxconn, mengumumkan investasi US$ 600 juta di India sebagai bagian dari proyek pembuatan ponsel dan fasilitas peralatan semikonduktor.

Berita terkait