BMKG Prediksi Musim Hujan Mulai November 2023

  • Whatsapp
Ilustrasi. BMKG mengungkap prakiraan kemunculan hujan di RI. (Adhi Wicaksono)

“Saat ini beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan, yakitu sebagian besar Aceh, tentunya yg lebih dekat ke Asia, sebagian besar Sumut, sebagian Riau, Sumbar bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau,” ungkapnya.

El Nino mulai terdeteksi pada Mei 2023 dan terus menguat hingga kini. BMKG menyebut dampak El Nino tergantung pada Intensitas El Nino, durasi El Nino, dan musim yang sedang berlangsung.

“Dampak El Nino di Indonesia umumnya terasa kuat pada musim kemarau yaitu pada bulan-bulan Juli – Agustus – September – Oktober,” kata BMKG di situsnya, “Terlebih lagi, ada banyak wilayah di Indonesia yang akan memasuki puncak musim kemarau pada bulan-bulan tersebut.”

BMKG pun mengungkap beberapa wilayah yang akan mengalami curah hujan bulanan dengan kategori rendah (0 – 100 mm/bulan), utamanya pada Agustus – September – Oktober.

Yakni, Sumatera bagian tengah hingga selatan, pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku dan Papua bagian selatan. ***

Editor/Sumber: Riky/CNN

Berita terkait