AS dan Inggris Serang Houthi, Sejumlah Kota di Yaman Dibom Rudal Tomahawk

  • Whatsapp
HMS Diamond di Laut Merah dalam Operasi Penjaga Kemakmuran, dalam gambar selebaran ini diambil pada 6 Januari 2024. Lphot Chris Sellars/Handout via REUTERS

Setelah Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, kelompok Houthi menjanjikan dukungan bagi kelompok pejuang Palestina dan mulai menyerang kapal-kapal di Laut Merah – meskipun ada tuntutan dari Amerika Serikat, Prancis, dan sekutu Barat lainnya untuk menghentikan serangan rudal dan pesawat tak berawak.

Serangan-serangan tersebut telah mengganggu perdagangan internasional di rute utama antara Eropa dan Asia yang menyumbang sekitar 15% lalu lintas pelayaran dunia.

Seorang juru bicara kelompok Houthi mengatakan mereka hanya menargetkan kapal-kapal yang mempunyai hubungan dengan Israel – sebuah klaim yang telah banyak diperdebatkan – dalam upaya untuk menekan Israel agar menghentikan perangnya di Gaza.

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat dan negara-negara lain mengirimkan kapal perang untuk berpatroli di koridor pelayaran penting. Helikopter AS menembaki Houthi pekan lalu setelah mereka menyerang sebuah kapal kargo. ***

Sumber: Tempo.co

Berita terkait