Ombudsman RI Temukan Indikasi Repacking Beras SPHP di Pasar Manonda Palu

  • Whatsapp
Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika didampingi Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sulawesi Tengah, M Iqbal Andi Magga melakukan inspeksi mendadak pengawasan Stabilisasi Pasokan Harga Pangan di Pasar Inpres Manonda Kota Palu, Selasa (26/3/2024). FOTO: OMBUDSMAN SULTENG

Beras SPHP ditujukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah.

Sedangkan penyaluran bantuan pangan beras diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Selain itu, mengenai ketersediaan pasokan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, bawang putih dan daging di Pasar inpres Manonda Kota Palu untuk saat ini stok cukup tersedia.

Namun, khusus ketersediaan pasokan beras, para pedagang menyatakan bahwa ketersediaan pasokannya belum stabil jika dibandingkan dengan tahun kemarin di bulan yang sama.

Kemudian, mengenai stabilitas harga pangan pokok di Pasar Inpres Manonda Kota Palu ditemukan harganya stabil seperti daging, minyak dan telor.

Namun kata dia, harga beras masih belum stabil, meski sudah digelontorkan beras SPHP dari Perum Bulog. Dalam hal ini Beras SPHP Bulog cukup berhasil dalam membantu ketersediaan pasokan beras di pasar, namun belum cukup berhasil dalam menurunkan harga beras di pasar.

Terpantau beras medium dengan harga Rp15.000/kilogram (kg) dan beras premium Rp17.000/kg.

Berita terkait