10 Ciri-ciri Gejala Gula Darah Tinggi Pada Kulit

  • Whatsapp
KULIT yang terasa gatal adalah salah satu dari ciri-ciri gula darah tinggi pada kulit yang perlu diperhatikan.(Shutterstock/Pixel-Shot)
  • Xantoloma

Eruptive xanthomatosis, atau xantoloma, ditandai dengan benjolan berwarna kuning kemerahan yang muncul di area punggung tangan, kaki, lengan, dan pantat.

Kondisi ini jarang ditemui, dan umumnya hanya dialami oleh penderita diabetes tipe 1 ketika kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh tinggi.

  • Sklerosis digital

Beberapa penderita diabetes tipe 1 mungkin memiliki kulit yang keras, tebal, dan lunak, di bagian punggung tangan.

Saat kadar gula darah tinggi tidak kunjung turun, kondisi ini dapat membuat kulit terasa keras, tebal, dan bengkak, serta bisa menjalar ke area tubuh lainnya.

  • Infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat membuat jaringan tubuh mengalami inflamasi, bengkak, merah, dan terasa sakit. Kondisi ini lebih sering ditemui pada penderita diabetes dibandingkan dengan orang-orang tanpa diabetes karena bakteri cenderung berkembang ketika terdapat terlalu banyak glukosa di dalam tubuh.

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur ditandai dengan munculnya ruam gatal yang dikelilingi oleh bintik kecil kemerahan dan sisik. Beberapa jenis infeksi jamur yang mungkin dialami, yakni jock itch, kurap kaki, ringworm, dan infeksi vagina.

  • Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal tidak hanya ditemui pada orang-orang dengan gangguan kulit tertentu, tetapi juga pada penderita gula darah tinggi.

Kondisi ini kerap muncul karena sirkulasi darah tidak lancar, khususnya di area kaki bagian bawah.

  • Vitiligo

Penderita diabetes tipe 1 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami vitiligo, di mana kulit kehilangan pigmen yang memberikan warna kulit.

Beberapa orang mungkin akan memiliki bercak berwarna terang atau putih di kulit, dan umumnya tidak terasa sakit.

Memperhatikan ciri-ciri gula darah tinggi pada kulit sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Meskipun begitu, Anda tetap diimbau untuk mencari bantuan medis ketika muncul ruam atau perubahan pada kulit karena mungkin dosis atau jenis obat yang dikonsumsi perlu disesuaikan.

Melakukan perawatan kulit secara rutin dan menjaga agar kadar gula darah tetap stabil umumnya dapat mencegah beberapa kondisi di atas. ***

Sumber: kompas.com

Berita terkait