Penyakit Jembrana Ancam Ternak Sapi di Sulteng

  • Whatsapp
Blogger.com

Palu,– Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memperketat pengawasan lalu lintas ternak di wilayahnya untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Jembrana.

Mengenai hal itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Sulawesi Tengah (Sulteng), Dandy Alfita mengatakan, penyakit Jembrana ini menyebar dengan cepat di antara sapi Bali dan sapi lainnya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit Jembrana. Dandy menyebut, laporan penyakit Jembrana sudah muncul di beberapa kabupaten seperti Morowali, Poso, dan Donggala, dengan beberapa kasus kematian mendadak pada sapi Bali.

“Kami mengimbau kabupaten dan kota agar lebih selektif dalam melalulintaskan ternaknya. Dokumen vaksinasi dan surat keterangan kesehatan hewan yang menyatakan ternak bebas dari virus Jembrana harus dilengkapi,” ujar Dandy saat ditemui jurnalis media ini.

Dia menjelaskan, langkah cepat yang dilakukan saat ini adalah pengobatan, pemisahan sapi sehat dari yang sakit, pemberian pakan berkualitas, serta pengawasan rutin. “Kebersihan kandang juga harus selalu dijaga untuk mencegah penyebaran virus,” katanya.

Menurutnya, penyakit ini menimbulkan kecemasan khususnya di Kabupaten Donggala, yang membutuhkan perhatian ekstra.

Berita terkait