Penemuan Hidrogen Alami di Sulteng, Ini Lokasinya

  • Whatsapp
Badan Geologitemukan hidrogen alami di Sulawesi Tengah. Foto : Humas Kementerian ESDM

Gelembung-gelembung gas yang muncul di bawah permukaan laut maupun kolam mata air adalah gas hidrogen yang berasal dari proses serpentinisasi yang terjadi di bawah permukaan bumi.

“Diperkirakan, munculnya gas hidrogen ini berhubungan dengan adanya Patahan Balantak dan Patahan Matano, yang menjadi jalur migrasi gas ke permukaan. Fenomena inilah yang menyebabkan gas hidrogen keluar di Tanjung Api dan muncul bersama mata air panas One Pute,”jelas Edy.

Kisah tentang api abadi Tanjung Api dan mata air One Pute mengingatkan kita akan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, bukan hanya dalam bentuk minyak bumi, gas alam, dan mineral, tetapi juga dalam bentuk sumber energi bersih yang dapat menjadi game changer dalam mengatasi perubahan iklim.

Keberadaan hidrogen alami ini bisa menjadi tonggak dalam mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Potensi sumber hidrogen alami di Indoneisa cukup besar, karena selain terbentuk oleh proses serpentinisasi, hidrogen alami juga dapat terbentuk akibat proses radiolisis pada batuan mengandung unsur radioaktif, kematangan tinggi pada bahan organik (overmature) dan magma degassing pada lapangan panas bumi.

Semoga penyelidikan ini terus berkembang dan mampu memberikan manfaat besar dalam mendukung program “Net Zero Emission” yang telah dicanangkan Indonesia pada tahun 2060. ***

Sumber: Beritakaltim.Co

Berita terkait