Partisipasi Masyarakat NTT terhadap Pilkada 2024 Sangat Tinggi

  • Whatsapp
Seorang petugas sedang mendampingi penyandang disabilitas saat melakukan pencoblosan pada simulasi Pemilu 2024 (Foto: Dokumentasi/RRI/Bunaiya)

Pangi menjelaskan, survei dilakukan selama 10 hari dari tanggal 5 sampai 14 Oktober 2024. Populasi survei adalah seluruh WNI berdomisili di NTT dan mempunyai hak pilih.

Sampel berasal dari 22 Kabupaten di Provinsi NTT. Sampel terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk.

Jumlah responden survei ini 1200 orang, proporsi (50:50) laki-laki dan Perempuan orang. Pengambilan Sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ±2,83 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Setiap responden terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka oleh pewawancara yang sudah terlatih. Wawancara dilakukan menggunakan aplikasi berbasis android, i-voxpol Double Spot.

“Mengonfirmasi ulang 20 persen total sampel secara random dengan mendatangi dan mewawancarai kembali responden terpilih oleh koordinator wilayah. Sebanyak 10 persen oleh tim verifikator voxpol pusat dengan mewawancarai kembali responden melalui telepon memastikan validasi data,” ujarnya. ***

Sumber: rri.co.id

Berita terkait