Pelatihan Pengelolaan BMD Bagi Pengurus Barang Provinsi Sulteng 2024

  • Whatsapp

Pelatihan pengelola barang milik daerah yang diselenggarakan oleh BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah merupakan wujud komitmen dalam pengembangan kompetensi ASN khususnya para pengurus barang. Dalam pelatihan ini mengikutkan skema kurikulum pembelajaran yang telah dikembangkan dari pelatihan keuangan sebelumnya khususnya pada pengguna barang. Selain melibatkan BPKAD Provinsi Sulawesi Tengah dalam materi pengelolaan barang milik daerah yang meliputi perencanaan, penatausahaan sampai pada penghapusan pelatihan ini juga melibatkan pihak eksternal yaitu BPKP, BPK, Kajati dan Pertanahan terkait mekanisme pencatatan, penanganan  penyalahgunaan BMD  sampai pada pengurusan sertifikat aset milik daerah.  Bahkan dalam pelatihan pengelolaan barang milik daerah kali ini juga dilengkapi dengan mekanisme studi lapangan untuk membekali pengurus barang dalam mempelajari best practices pengelolaan BMD di BPKAD Provinsi Sulawesi Selatan. 

Untuk menunjang keberhasilan tata kelola barang milik daerah yang efektif, efesien dan akuntabel, diperlukan dukungan, komitmen partisipasi dan tanggung jawab  dari semua pihak, untuk itu kami minta seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan sungguh-sungguh dengan mencermati dan melaksanakan segala aturan dalam pengelolaan barang milik daerah sehingga dapat memahaminya dengan benar, sebab para pengurus barang merupakan ujung tombak dalam pengelolaan aset daerah.

Ia pun berharap agar para peserta mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan pelatihan pengelolaan barang milik daerah ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Moh Riyan, S.STP., M.Si  melaporkan bahwa peserta pelatihan berjumlah 40 orang yang seluruhnya berasal dari OPD di lingkup Pemerintah Daerah  Provinsi Sulawesi Tengah. Pelatihan berlangsung selama 4 hari dimulai dari tanggal 22-25  Oktober 2024. ***

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

Berita terkait