JELANG TTG Ke-19, Parmout Siap Sambut 7.000 Tamu Undangan

  • Whatsapp

MENGHADAPI pelaksanaan Tekhnologi Tepat Guna (TTG) yang ke 19 pada tanggal 25 September nanti, Kabupaten Parmout sebagai tuan rumah pelaksanaan, siap menerima tamu undangan dari 34 Provinsi se-Indonesia sebanyak 7.000 Undangan. Bahkan, khusus untuk undangan 2.500 tamu VIP, Kabupaten Parmout menyediakan fasilitas hotel bintang lima.

“Untuk menyambut kurang lebih 7.000 tamu undangan TTG, kami telah siap. Dari fasilitas kendaraan, dan tempat menginap kami sudah merampungkan, hanya saja khusus tamu undangan VIP, sesuai dengan koordinasi dengan pihak kementerian, tempat inapnya diarahkan untuk fasilitas hotel bintang lima. Sehingga saat ini kami telah melakukan bookingan terhadap semua hotel bintang lima yang ada di kota Palu, “ ungkap Kapala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa pada BPMD Kabupaten Parmout, Ahmad Zarkasi S.STP, kepada Kaili Post, Jumat (3/3).

Muat Lebih

Kata dia, sebenarnya tempat inap untuk tamu undangan VIP, tidak harus hotel berbintang. Namun, mengingat tamu undangan VIP ini adalah 34 Gubernur se Indonesia dan Bupati./Wali Kota se Indonesia dan berhubung semua daerah provinsi tersebut juga menganggarkan untuk pelaksanaan ini, maka  melihat hal itu setidaknya kesiapan fasilitasnya harus yang berbintang.

Lanjut dia, selain yang bakal hadir adalah pihak Gubernur, Bupati/ Wali Kota, Ketua DPRD, Kepala BPMPD, Kepala Bapedda, ketua ibu PKK, Sekda se Indonesia, ada sebanyak 1.800 kepala desa se- Sulawesi Tengah akan ikut hadir dalam event akbar tersebut. Dia mengatakan, kehadiran 1.800 kepala desa se-Sulteng merupakan permintaan Presiden RI Joko Widodo. Sebab, dalam acara tersebut, pihak presiden RI akan melakukan diskusi dengan 1.800 kepala desa terkait perkembangan dan kemajuan desa.

“Khusus tamu undangan kepala desa, sesuai dengan arahan, kami tidak mengundang kepala desa se Indonesia, namun undangan hanya diberikan kepada kepala desa se Sulteng. Dan terkait fasilitas kepala desa, kami juga telah menyiapkannya,” ujarnya.

Berkaitan dengan kendaraan tamu undangan, kata dia yang menyiapkannya yakni pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Parmout dan Dinas Perhubungan Provinsi. Tetapi, untuk merampungkan sejumlah fasilitas, sejauh ini pihaknya tetap berkoordinasi dengan dua instansi tersebut.

Dia menambahkan,  berkaitan dengan acara pembukaan dan penutupan TTG, ada dua versi yang saat ini masih dalam tahap koordinasi. Versi yang pertama, pembukaan akan digelar di lokasi eks Sail Tomini, Desa Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parmout. Sedangan untuk versi penutupan akan digelar di kota Palu, tepatnya di lokasi STQ kota Palu. Namun hal itu masih dalam tahap koordinasi, mengingat tamu undangan VIP banyak yang bakal menginap di kota Palu.

“Tetapi jika hasil koordinasi kami dengan pihak provinsi dan kementerian, pembukaan dan penutupan semuanya harus dilaksanakan di kabupaten Parmout sebagai tempat pelaksanaan, maka mau tidak mau kami harus sia. Dan sejauh ini, kesiapan yang kami lakukan sudah lebih dan yang direncanakan,” terangnya. ***

Reporter/editor: Fharadiba

 

 

Pos terkait

banner 580x60