Pekerjaan Jalan Berbandrol DAK

  • Whatsapp
PUPRP:
September Dipastikan Rampung

 

PARMOUT,- PEKERJAAN Jalan berbandrol Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) melalui Bidang Bina Marga dipastikan rampung pada akhir September.

Demikian yang diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Parmout, Hendra Bangsawan kepada Kaili Post di ruang kerjanya, Selasa (19/9). Hendra mengatakan, pekerjaan jalan yang menggunakan DAK tersebut terdapat dibeberapa desa, diantaranya Desa Gandasari, Desa Parigimpu’u-Petapa, Desa Sigenti-Sigega dan Desa Tinombo-Ogobayas.

Muat Lebih

Total anggaran yang diperuntukan bagi pekerjaan jalan dibeberapa desa tersebut kata dia, senilai Rp23 Miliar lebih. “Panjang jalan yang dikerjakan menggunakan DAK dibeberapa desa tersebut berbeda-beda. Seperti Desa Parigimpu’u-Petapa, jalan yang dikerjakan sepanjang satu kilo meter yang menggunakan anggaran senilai Rp1 Miliar. Pekerjaannya dilihat dari usulan sesuai yang telah disepakati. Dari seluruh pekerjaan jalan dibeberapa desa tersebut, dipastikan akan rampung pada akhir September,” ujarnya.

Ia menambahkan, rencananya Bidang Bina Marga yang dipimpinnya itu akan melayangkan usulan kembali untuk pekerjaan jalan yang belum terakomodir pada tahun ini agar mendapatkan Anggaran Belanja Tahunan (ABT). Sehingga, usulan masyarakat untuk dibangunkan jalan pada tahun ini, dapat terakomodir pada tahun mendatang.

Ia mengatakan, usulan untuk dibangunkan jalan yang masuk pada tahun ini sangat banyak dan belum dapat direalisasikan secara keseluruhannya.

Tidak heran, jika pihaknya akan melayangkan kembali usulan agar dapat disahkan ditingkat DPRD Kabupaten Parmout untuk dilaksanakan di tahun 2018 mendatang. Ia menyebutkan, rencananya yang akan diusulkan agar terlaksana pada 2018 mendatang, yakni pembangunan jalan di Desa Kotaraya Kecamatan Mepanga sepanjang kurang lebih 10 kilo meter.

Namun, diperkirakan yang dapat terakomodir dari dari sepanjang 10 kilo meter tersebut, hanya sekitar 2,5 meter. Selain itu, ada pula usulan pembangunan jalan di Desa Wanamukti-Palapi yang bakal diusulkan penganggarannya di DPRD Kabupaten Parmout. “Sedangkan usulan pembangunan maupun perbaikan jalan khusus dalam Kota Parigi hingga kini belum ada. Makanya, usulan pembangunan maupun perbaikan jalan hanya lebih banyak ke wilayah selatan dan utara Kabupaten Parmout,” tandasnya.**

Reporter/Biro Parmout: Roy Lasakka

Pos terkait

banner 580x60