APBD-P 2017 Diskanlut Parmout Mines Anggaran

  • Whatsapp
Akibat Dana Bansos Tidak Tepat Sasaran

PARMOUT,- DAMPAK dari alokasi anggaran dana Bantuan sosial (Bansos) yang diduga banyak yang tidak tepat pada sasaran penerima, akibatnya anggaran APBD Perubahan 2017 pada Dinas perikanan dan kelautan (Diskanlut) Kabupaten Parmout  dipastikan mines anggaran.

Hal tersebut nampak pada pembahasan anggaran APBD-P lintas komisi yang dilakukan oleh Komisi II DPRD Parmout dengan Diskanlut Parmout, diruang komisi II, Rabu (11/10) kemarin.

Muat Lebih

Ketua Komisi II DPRD Parmout, I Made Yastina mengungkapkan bahwa, salah satu contoh dana bansos yang melekat pada Diskanlut Parmout banyak yang tidak tepat sasaran yakni, bagaimana bisa pemberian satu unit alat kelautan yakni alat katinting diberikan kepada satu kelompok yang berjumlah hingga lima orang.

“ Hitungan seperti itu kan tidak rasional, seharusnya pemberian satu unit alat katinting harus diberikan ke satu nelayan saja, bukan untuk diberikan ke lima orang nelayan, sehingga mengakibatkan perputaran ekonomi masyarakat nelayan Parmout hingga saat ini tidak bisa optimal,” Ungkap Made Yastina.

Selain itu menurutnya, dana Bansos yang diberikan ke para nelayan seharusnya menggunakan cara budi daya, bukan pemberian tunai atau pemberian bahan material yang tidak memiliki asas manfaat yang berkelanjutan.

Dicontohkannya seperti, para nelayan jangan hanya melakukan tanggakapan ikan dilaut, namun pihak dinas tekhnis harus melakukan budidaya kepara nelayan dengan cara memberikan bantuan alat seperti rompong untuk pembudidayaan ikan laut. Yang dimana sistemnya asas manfaatnnya dipastikan akan berkelanjutan.

“ jurus-jurus tekhnis seperti itu yang sebenarnya harus dipahami oleh dinas tekhnis. Kenapa masyarakat Parmout hingga kini masih banyak yang miskin, karena dinas tekhnisnya tidak pernah dalam menyusun programnya,” terang Made Yastina.

Pantauan media ini, Kepala Diskanlut Parmout, Sabarudin Killis mengakui bahwa masih banyak programnya yang memang tidak tepat sasaran. Yang dimana mengakibatkan plafon anggaran Diskanlut Parmout pada APBD-P 2017 hanya diberikan anggaran senilai Rp 230 Juta.

 

Reporter / Biro Parmout: Fharadiba

Pos terkait

banner 580x60