BPJS TK Morowali Kembali Serahkan Santunan Kematian

  • Whatsapp
banner 728x90

BPJS Ketenagakerjaan Morowali kembali menyerahkan santunan kepada ahli waris dari almarhum Baharuddin yang merupakan pekerja di TKBM dan tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Transporasi Indonesia Unit  Bungku.

Santunan kematian yang diterima oleh ahli waris adalah sebesar Rp24.000.000,- (Dua Puluh Empat Juta Rupiah), yang diserahkan oleh PPS Kepala Cabang Morowali, Reski Setiawan kepada Bupati Morowali yang selanjutnya diberikan kepada ahli waris, (05/10/2019) pekan lalu.

Bupati Morowali menyampaikan tentang pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan jika terjadi resiko di hari-hari yang akan datang, termasuk resiko sosial ekonomi. “Jaminan sosial berupa BPJS Ketenagakerjaan sangat penting dimiliki oleh seluruh pekerja Indonesia karena resiko sosial ekonomi bisa terjadi kepada siapa saja, dimana saja dan terhadap siapa saja. Resiko sosial ekonomi misalnya kecelakaan dan kematian, sehingga perlu ada satu alat pengaman, agar jika terjadi resiko sosial ekonomi, tidak akan nengganggu kesejahteraannya secara drastic hanya dengan iuran sebesar Rp3.000,- untuk Jaminan Kematian berdasarkan upah yang terlapor,” ungkap Bupati.

Sementara, PPS Kepala Cabang Morowali Bungku, Reski Setiawan mengungkapkan bahwa dengan adanya kasus tersebut bisa memotivasi kepada masyarakat khususnya pekerja untuk lebih memikirkan jaminan terhadap diri sendiri dari resiko-resiko tersebut.

“Tentunya dengan adanya kasus seperti ini, bisa membuat kita khususnya para pekerja baik formal maupun informal semakin peduli tentang resiko sosial yang bisa terjadi kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja, dan tentunya kami selaku Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang ditunjuk sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011, sangat berharap dukungan dari semua elemen baik dari pemerintahan maupun dari kalangan pengusaha serta pekerja untuk bersama-sama mendukung terlaksananya perlindungan jaminan sosial khususnya kepada para pekerja” jelas Reski.

Penyerahan santunan tersebut dilaksanakan usai gelaran upacara peringatan HUT TNI di Alun-alun rumah jabatan Bupati, Desa Matansala Kecamatan Bungku Tengah. “Pada kesempatan ini juga, kami dari BPJS Ketenagakerjaan Morowali mengucapkan Dirgahayu TNI, semoga TNI tetap jaya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” tandas Reski.**

Reportase: Bambang sumantri/morowali

Berita terkait