Peduli Masalah Sampah, Camat Bahodopi Gerakkan Giat Baksos

  • Whatsapp

Sekitar seribuan lebih warga dari berbagai element masyarakat di Kecamatan Bahodopi, mengikuti kegiatan bhakti sosial yang dipelopori oleh Camat Bahodopi, Tahir, Minggu (3/11/2019).

Kegiatan dimulai pada pukul 06.00 WITA hingga siang hari, dengan melakukan bersih-bersih lingkungan dan mengangkut seluruh sampah yang berserakan, dan selanjutnya dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bahoruru, Kecamatan Bungku Tengah.

Muat Lebih

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK),  diwakili Sekretaris Dewan (Sekwan) Morowali, Fatmawati melepas langsung peserta Baksos dari lapangan sepak bola Bahodopi.

Sementara, Camat Bahodopi mengatakan bahwa pelaksanaan Baksos Peduli Lingkungan dilatarbelakangi oleh permasalahan sampah yang semakin hari semakin meningkat dan berdampak luas, apalagi dengan kemajuan pesat Bahodopi saat ini sehingga harus segera ditangani dan mendapat perhatian serius.

Kegitan itu juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat sekaligus memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dikatakan Tahir, kegiatan itu bukan hanya sebatas pembersihan sampah di lingkungan, namun direncanakan ke depan Bahodopi memiliki minimal satu Tempat Pembuangan sampah Sementara (TPS), agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. “Kita sudah berupaya melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan perhatian khusus tentang masalah sampah di Kecamatan Bahodopi, karena Bahodopi yang sekarang tidak sama dengan Bahodopi yang dulu, sehingga salah satu solusi yakni membangun TPS di setiap desa” jelasnya.

Sejumlah pihak juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, antara lain PT Indonesia Morowali Induatrial Park (IMIP) yang menyumbangkan 3 armada pengangkut sampah, PT Bima Cakra, serta PT Ang and Fang Brother, ormas KMKB, KKM, KKBM, KKRM, mahasiswa Politekhnik Industri, dan organisasi pecinta lingkungan lainnya, TP-PKK, Koramil Bahodopi, Polsek Bahodopi, dan DLH Morowali.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup DLH Morowali, Muhdar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh Camat Bahodopi guna mengatasi permasalahan sampah yang banyak mendapat keluhan dari berbagai pihak.

Ia mengatakan, tingginya pertambahan penduduk di Kecamatan Bahodopi merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah sampah, dan DLH telah memprogramkan di tahun 2020 mendatang akan membangun TPS di setiap desa se-Kecamatan Bahodopi. “Kami dari DLH sudah membuat program pembangunan TPS di setiap desa, nanti dari pihak Pemerintah Desa yang menentukan lokasinya agar tidak menjadi masalah kedepannya” tandas Muhdar.

Camat Bahodopi juga menyampaikan terima kasihnya kepada insan pers yang telah bersedia membantu mempublikasikan masalah sampah di wilayahnya sehingga penanganan bisa cepat dilakukan.

Reporter: Bambang Sumantri

Pos terkait

banner 580x60