Upacara Malabot Tumbe Eratkan 3 Kabupaten Kerajaan Banggai

  • Whatsapp
banner 728x90

Banggai Laut, Kegiatan adat dan budaya Malabot Tumbe dipusatkan di Keraton Banggai, Rabu (4/11/2019). Bupati Banggai Laut, Drs. H. Wenny Bukamo mengatakan bahwa kegiatan ini merekatkan tiga kabupaten bersaudara yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.

Pemerintah Kabupaten Banggai Laut melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan kegiatan ini selama empat 4 (empat) hari, yakni tanggal 4-7 Desember 2019. Pengantaran telur Maleo dari Batui Kabupaten Banggai melewati Desa Pinalong Kabupaten Banggai Kepulauan, lalu ke Teluk Tolo di Kecamatan Labobo, kemudian ke Kabupaten Banggai Laut.

“Kita yang ada saat ini memiliki kewajiban bersama untuk mempertahankan, melestarikan nilai-nilai ini terutama nilai yang merekatkan antara persaudaraan 3 kabupaten ini. Kita bisa berbeda secara administrasi pemerintahan, tetapi secara historis kita memiliki kesamaan, yaitu berasal dari kerajaan Banggai,” ucap Bupati.

Bupati juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para perangkat adat yang telah bahu membahu sehingga acara tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. (Humas & Protokol Kabupaten Banggai Laut).

sumber: Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait