Gempa Kedua Hari ini (M) 3,9 Guncang Tambarana (Poso)

  • Whatsapp
Foto: BMKG
banner 728x90

Poso,- Gempa bumi kembali menguncang wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). Tepatnya pada Kabupaten Poso, gempa terjadi pada Kamis (11/06/2020) sekitar pukul 14.57 WITA bermagnitudo (M) 3,9. Pusat gempa diketahui berada di darat.

Sebelumnya pada hari ini, pada Pukul 04.01 WITA gempa dengan magnitudo cukup besar yakni 5,1 terjadi di Kabupaten Banggai. Belum diketahui apakah kedua gempa tersebut saling berkaitan atau tidak menunggu informasi resmi dari Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa di Kabupaten Poso yang terjadi hari ini menurut BMKG Stasiun Geofisika Informasi Kelas I Palu, berada pada 20 km arah baratdaya Tambarana.

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km dengan lokasi gempa ada di koordinat 1,33 Lintang Selatan (LS) dan 120.47 Bujur Timur (BT) yang termasuk dalam kategori gempa dangkal karena hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi.

Gempa dirasakan skala II-III skala MMI di Poso. Terkonfirmasi gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Jangan terpancing dengan isu berita yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa dan tsunami serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait