Camat Moutong Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan BUMDes, Inspektorat: Jadikan Contoh

  • Whatsapp
banner 728x90

PARIMO,- Pemerintah Kecamatan Moutong rencanannya akan menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengelolaan keuangan dalam mengembangkan Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) yang disambut baik oleh Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Inspektur Inspektorat Parimo, Adrudin Nur mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan suatu gebrakan sangat baik demi menghindari kekeliruan dalam mengelola anggaran di desa. Ia menyebut, bimbingan yang dilakukan secara langsung itu bagian dari upaya preventif agar menghindari terjadi kesalahan penggunaan anggaran karena berbenturan dengan regulasi.

“Ini ide yang bagus dan bisa jadi contoh bagi Kecamatan lain mengikuti gebrakan Pemerintah Kecamatan Moutong,” kata Adrudin, Selasa (23/03/2021).

Kedepannya ia berharap, kegiatan serupa bisa digelar seluruh Kecamatan yang berjumlah 23 Kecamatan, bahkan tidak hanya terfokus pada BUMDes, tetapi bimbingan soal penyelenggaraan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mengelola baik Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). Dengan begitu kesalahan, atau kekeliruan penggunaan anggaran Negara dapat dicegah.

Diketahui, kegiatan tersebut mengundang dua narasumber yakni pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Parimo, dan Inspektorat Parimo yang rencanannya berlangsung selama dua hari sejak Rabu, 24 Maret-Kamis 25 Maret 2021 bertempat di Taman Wisata Desa Labuan. Adapun para peserta terdiri Ketua, Sekretaris dan Bendahara pengurus BUMDes se-Kecamatan Moutong.***

Reporter: Supardi

Pos terkait