Digitalitasi OPD “Parimo Go”, Masuk 7 Program Prioritas Pemkab

  • Whatsapp

Parigi Moutong,- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 yang berlangsung di Aula Bappelitbangda, Rabu (31/03/2021), menggagas tujuh hal yang menjadi program prioritas Pemda Parimo.

Ketujuh program prioritas tersebut yakni Parimo Cerdas, Parimo Sehat, UKM/IKM, Parimo Maju, Parimo Khatulistiwa, Parimo GO, Parimo Hijau berkelanjutan dan Parimo Beriman. Salah satu yang menjadi perhatian yaitu program Digitalisasi atau yang disebut program “Parimo Go”.

Pihak Pemkab berusaha agar setiap rangkaian kerja masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) hingga pemerintah desa dapat dilakukan digitalisasi. Hal ini untuk mendorong tercapainya keserasian, efektifitas, efisiensi transparan dalam pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah tahun anggaran tahun 2022.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong Irwan mengatakan, bahwa sistem digitalisasi sudah semestinya diterapkan oleh OPD, dan telah dimulai pada penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

 “Sistem perencanaan daerah semua terpusat di Kemendagri, sehingga pemerintah pusat dapat mengontrol setiap kegiatan pembangunan di daerah, termasuk pengelolaan keuangan. Oleh karena itu, digitalisasi sudah harus diterapkan,” ujar Irwan.

Dengan sistem digitalisasi, pemerintah lebih mudah menyimpan dan mengelola data, dibandingkan metode penyimpanan manual. Pemkab Parigi Moutong sedang menyiapkan sarana dan prasarana infrastruktur jaringan dasar hingga ke pelosok desa, agar aksesibilitas digitalisasi tersebut dapat terjangkau penggunanya. Sistem ini diterapkan secara bertahap. Diharapkan dua tahun ke depan sistem digitalisasi di Parigi Moutong bisa tercapai, ungkapnya. ***

Sumber: Humas Pemkab Parimo

Berita terkait