Menanti Kejutan Pilpres 2024

Apakah PDIP Maju Sendiri?

Porsi Perolehan Kursi DPR 2019-2024 Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) PDI Perjuangan meraih 27,05 juta (19,33%) suara.

Baca Juga

Dengan raihan tersebut, PDI Perjuangan berhasil menempatkan 128 wakilnya di DPR dan memiliki porsi perolehan kursi sebesar 22,26% dari total jumlah kursi parlemen periode 2019-2024.

Raihan kursi PDI Perjuangan tersebut merupakan yang paling dominan dibandingkan dengan partai politik lainnya.

namun hingga saat ini PDIP belum menunjukkan minat untuk berkoalisi dengan partai lain, dan sisi lain PDIP akan sulit memenangkan Pilpres 2024 jika tidak berkoalisi dengan parpol lain karena di Indonesia hingga saat ini Politik identitas masih cukup berpengaruh dan hal ini kita bisa cermati dari Proses Pilpres Tahun 2019, situasi politik dimana sebagian besar masyarakat indonesia sebelum dan pasca pilpres saat itu seakan tersekat menjadi dua blok atau dua kubu, yaitu blok pendukung pemerintah dan blok yang tidak mendukung pemerintah (Presiden incumbent Jokowi) yang dalam artian sudah tidak percaya terhadap pemerintah pada saat itu ,kedua blok tersebut mendukung dan menjagokan dua tokoh utama masing masing, yaitu antara Presiden Incumbent Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Sengitnya kontestasi kepemimpinan nasional saat itu antara Jokowi dan Prabowo tak bisa dipungkiri terasa sampai ke akar rumput. Lebih dari 5 tahun, publik seakan tersekat pada dua blok atau kubu yang berbeda. Ketegangannya pun merambat tidak hanya di level politik nasional. Di level daerah, Pilkada DKI Jakarta pada era pertarungan Basuki Tcahaya Purnama (Ahok) dengan Anies Baswedan menjadi bukti bahwa friksi Politik identitas masih sangat berpengaruh.

Dari sisi masih berpengaruhnya Politik Identitas, Pilpre 2024 mendatang PIDP setidaknya harus membuka diri untuk berkoalisi dengan Partai lain yang lebih tepatnya Partai Berbasis Islam

Berita terkait