Wagub Tinjau Lokasi Banjir Desa Pohi Kec Luwuk Timur Kab Banggai

Banggai,- Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir didampingi Andi Sembiring Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Desa Pohi Sahrial serta pejabat terkait lain melakukan peninjauan lokasi banjir bandang di Desa Pohi Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai, Rabu 14 September 2022.

Dalam kunjungannya, Wakil Gubernur memerintahkan kepada Kabid kedaruratan dan Kebencanaan Prov. Sulteng untuk berkoordinasi dengan Kades Pohi agar secepatnya mengerjakan normalisasi sungai guna mencegah jangan sampai terjadi kembali banjir bandang di daerah tersebut.

Untuk itu, Wakil Gubernur meminta keikhlasan hati masyarakat Desa Pohi yang memiliki areal lahan sepanjang bantaran sungai di lokasi tersebut untuk dikeruk guna penormalisasian sungai sekaligus pemasangan bronjong, untuk mengantisipasi apabila terjadi kembali banjir susulan mengingat saat ini curah hujan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah cukup tinggi dan dapat mengakibatkan kembalinya banjir.

Harapan Wakil Gubernur, dengan normalisasi sungai, masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti semula dan aman dari bencana banjir.

Bencana bamjir bandang tersebut telah terjadi beberapa pekan lalu, tepatnya pada tanggal, 30 Agustus 2022 telah terjadi banjir bandang yang melanda Desa Pohi Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai.

Turut mandampingi Wakil Gubernur, Asisten 1, Kadis PUPR, Sekretaris BPBD Kabupaten Banggai, Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan Provinsi Sulteng, Kades Desa Pohi serta pihak terkait lainnya. ***

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

Berita terkait