Sejarah Lahirnya Perseteruan Real Madrid dan Barcelona di El Clasico

  • Whatsapp
Robert Lewandowski berusaha mencetak gol ke gawang Real Madrid pada laga pekan ke-26 Liga Spanyol 2022/2023 di Camp Nou, Barcelona, Senin (20/03/2023). Blaugrana menang dengan skor 2-1 pada pertandingan yang bertajuk El Classico tersebut. (AFP/Lluis Gene)

Kemenangan di Copa ddel Rey
Adalah Real Madrid yang memetik kemenangan tersebut pada Copa del Rey 1942/1943. Los Blancos meraih hasil meyakinkan meski menjalani kampanye dengan kurang meyakinkan.

Pasalnya, mereka cuma satu strip di atas play-off degradasi pada Liga Spanyol. Sementara Barcelona terlibat persaingan gelar sebelum merelakan takhta ke Athletic Bilbao.

Pada 13 Juni 1943 di Estadio Chamartin, Real Madrid membutuhkan kemenangan besar setelah dikalahkan Barcelona 3-0 di leg pertama.

Yang terjadi kemudian di luar ekspektasi. Los Blancos memimpin 8-0 sebelum jeda berkat hattrick Prudencio Sanchez dan Sabino Barinaga, plus gol dari Chus Alonso serta Antonio Alsua.

Barinaga dan Alonso menambah koleksi gol selepas geda, dengan Pascual Botella tidak mau ketinggalan menggoreskan nama di papan skor. Barcelona cuma bisa membalas lewat gol menit ke-89 dari Mariano Martin.

Laga tersebut disinyalir sebagai lahirnya El Clasico. Sebelumnya pertemuan Real Madrid dan Barcelona tidak memiliki makna besar.

“Tidak ada rivalitas di antara kedua kubu, setidaknya sebelum pertandingan itu,” kata kiper cadangan Barcelona Fernando Argila di partai tersebut.

Berita terkait