10 Tempat Wisata di Aceh Cocok untuk Liburan Idul Adha 2023

  • Whatsapp
Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh (Foto: bandaacehkota.go.id/Hafid Junaidi)

2. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk di Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar begitu eksotis dengan pasir putih dan perbukitan. Pantai ini menghadap ke Samudera Hindia sehingga ombaknya sangat cocok untuk surfing.

Pantai Lampuuk tersmasuk tempat wisata favorit yang selalu ramai saat akhir pekan dan hari libur. Sekarang, di pantai ini juga sudah ada bungalow-bungalow dan restoran yang menyajikan menu bukan hanya dalam negeri tapi juga ala luar negeri.

3. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh sebagai simbol untuk mengenang tragedi tsunami yang menerjang pesisir Samudera Hindia termasuk Aceh pada 26 Desember 2004.

Terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kota Banda Aceh, ini merupakan museum sejarah tsunami pertama di dunia. Diranjang oleh Ridwan Kamil, Museum Tsunami selalu ramai wisatawan.

Ada banyak spot menarik yang bisa Anda kunjungi. Seperti Ruang Kenangan, Lorong Tsunami, Sumur Doa, dan Lorong Cerobong.

4. Sabang

Kota Sabang di Pulau Weh merupakan destinasi liburan andalan Aceh yang selalu jadi incaran wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Saat hari libur seperti Idul Adha, Sabang selalu ramai wisatawan dari luar daerah.

Untuk ke Sabang, traveler bisa menyeberang dengan kapal ferry atau kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang.

Sabang memiliki banyak tempat wisata menarik seperti Pantai Sumur Tiga, Pantai Iboih, Pulau Rubiah, Anoe Itam, Gunung Jaboi, Nol Kilometer Indonesia, dan lainnya. Selain indah di permukaan, Sabang juga punya alam bawah laut yang cantik dengan terumbu karang dan aneka ikan. Cocok buat snorkeling maupun diving.

5. Batee Iliek

Sungai Batee Iliek di Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun selalu ramai saat hari raya tak kecuali Idul Adha. Batee Iliek salah satu destinasi wisata favorit wisatawan lokal.

Saat libur lebaran, wisatawan akan datang dengan kendaraan pribadi maupun menyewa bus atau mobil bak terbuka untuk ke Batee Iliek. Selain mandi di sungai berair jernih dengan berbatuan besar, wisatawan juga bisa bersantai di pinggiran sambil menikmati pemandangan dan mencicipi aneka kuliner khas.

Karena letaknya di lintasan Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, Batee Iliek juga banyak disinggahi oleh pemudik atau orang-orang bepergian.

Berita terkait