10 Tempat Wisata di Aceh Cocok untuk Liburan Idul Adha 2023

  • Whatsapp
Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh (Foto: bandaacehkota.go.id/Hafid Junaidi)

6. Pantai Ulee Lheu

Pantai Ulee Lheu salah satu kawasan terparah disapu tsunami pada 2004. Tapi, sekarang sudah ditata kembali dengan semakin cantik dan jadi wisata andalan Kota Banda Aceh yang selalu ramai dengan wisatawan lokal terutama saat sore hari.

Bersantai di Pantai Ulee Lheu sangat memanjakan mata karena bisa melihat hamparan laut dan pulau-pulau cantik di sebarang. Jika cuaca cerah, Pulau Weh Sabang juga terlihat jelas dari Ulee Lhue.

Pantai Ulee Lheu berombak landai sehingga cocok untuk mandi termasuk anak-anak. Di pantai juga tersedia perahu bebek atau becak kayuh yang sangat disukai anak-anak. Sepanjang jalan juga banyak penjual makanan dan minuman ringan.

Ulee Lheu juga punya Masjid Baiturrahim, masjid bersejarah peninggalan Kesultanan Aceh yang terletak di bibir panta. Ajaibnya saat tsunami, Masjid Baiturrahim tak mengalami kerusakan berat, tapi bangunan-bangunan di sekitarnya rata dengan tanah.

7. Danau Lut Tawar

Danau Lut Tawar di pinggir Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah adalah destinasi wisata favorit di Dataran Tinggi Gayo. Pemandangannya sangat menakjubkan dengan hamparan danau biru kehijauan yang tenang dalam pelukan pegunungan hijau.

Selain menikmati pemandangan yang memanjakan mata, wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner khas Gayo di kafe-kafe atau restoran di pinggiran Danau Lut Tawar.

Di sini juga banyak spot-spot foto menarik. Sekitar danau juga banyak tersedia resort-resort dan hotel buat menginap.

Berita terkait