10 Tempat Wisata di Aceh Cocok untuk Liburan Idul Adha 2023

  • Whatsapp
Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh (Foto: bandaacehkota.go.id/Hafid Junaidi)

8. Gunung Salak

Gunung Salak bukan hanya ada di Jawa Barat. Aceh juga punya wisata Gunung Salak yang selalu ramai saat hari libur termasuk ketika lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha.

Wisata Gunung Salak berada di Kecamatan Nisam, Aceh Utara. Saat konflik Aceh masih memanas pada awal tahun 2000-an, Nisam merupakan kawasan merah karena dianggap sebagai sarang Gerakan Aceh Merdeka.

Sekarang konflik sudah berlalu, kawasan ini ramai dengan wisatawan karena ada spot Gunung Salak yang sangat indah. Saat libur lebaran, lalu lintas menuju Gunung Salak bahkan macet karena banyaknya wisatawan.

9. Hutan Lindung Manggrove

Hutan Lindung Manggrove di Kuala Langsa merupakan wisata andalan Kota Langsa yang selalu ramai saat lebaran. Hutannya sangat lebat dengan pohon-pohon bakau.

Wisatawan menyukai lokasi ini karena bisa menikmati pemandangan mangrove dengan suasana sejuk. Banyak monyet juga bergelantungan di pohon-pohon mangrove. Mereka sering bertingkah lucu saat melihat wisatawan.

10. Puncak Geurutee

Puncak Geurutee terletak di Jalan Meulaboh-Banda Aceh, Gampong Babah Ie, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Berada di atas Gunung Geurutee, kawasan ini menyajikan pemadangan sangat spektakuler.

Saat akhir pekan maupun hari libur, Puncak Geurutee selalu ramai wisatawan. Banyak orang yang melintas singgah di kawasan ini hanya sekadar untuk cuci mata menikmati lukisan alam sambil menyeruput kopi atau mencicipi makanan yang di jual di warung-warung sekitar.

Dari Puncak Geurutee akan terlihat keindahan hamparan Samudera Hindia dan pulau-pulau kecil yang terapung di atas. Terlihat juga bekas perkampungan yang sudah lenyap disapu tsunami dan garis pantai yang eksotis.

Puncak Geureutee adalah spot terbaik untuk foto-foto dan menikmati sunset. ***

Editor/Sumber: Riky/Okezone

Berita terkait