Rencana Besar Cudy, Bangun Image Negeri 1000 Megalit

  • Whatsapp

Diketahui Kabupaten Poso, terutama di kawasan lembah bada mempunyai megalitikum yang tersebar di seluruh wilayah Bada. Di Cagar Budaya Bada megalit terdiri dari 9 situs Cagar Budaya.

Dilansir Mongabay.com Kawasan ini merupakan Kawasan megalitik Lore Lindu adalah yang tertua di Indonesia berdasarkan penelitian pada tulang-tulang rangka manusia dalam kubur tempayan batu di situs Wineki di Lembah Behoa, yaitu 2351-1416 SM yang kemungkinan punah pada sekitar 1452-1527 M.

Berdasarkan data lapangan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo, ditemukan berbagai tinggalan arkeologi yang telah diidentifikasi. Yaitu, 2007 benda yang terdiri 26 jenis artefak pada 118 situs di empat lembah, termasuk Danau Lindu, di Sulawesi Tengah.

Berdasarkan kajian delineasi yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo, warisan kebudayaan megalitik Lembah Bada tengah diusulkan menjadi warisan budaya dunia.

Megalitik ini berada di wilayah morfologi Pegunungan Telawi dengan 5 satuan ruang: Lembah Napu, Lembah Behoa, dan Lembah Bada yang masuk Kabupaten Poso, serta Lembah Palu dan Danau Lindu di Kabupaten Sigi. Sebagian besar peninggalan itu berada di Taman Nasional Lore Lindu.

Berita terkait