Kapolda Metro Jaya Kerahkan Pasukan Bersihkan Sampah di Hutan Mangrove Jakut

  • Whatsapp
Foto: Kondisi pesisir di hutan mangrove Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin (10/7/2023). (ANTARA/HO-Jurnalis Jakarta Utara)

Viral Sampah di Hutan Mangrove

Sebelumnya diberitakan tumpukan sampah ditemukan di hutan mangrove di kawasan Muara Angke. Pemprov DKI Jakarta menduga tumpukan sampah berasal dari daerah lain di sekitar Ibu Kota.

“Timbunan sampah di kawasan mangrove itu diperkirakan berasal dari wilayah lain yang terbawa arus,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati, dilansir Rabu (12/7).

Video tumpukan sampah di hutan mangrove Muara Angke ini sempat viral di media sosial (medsos). Dari video yang beredar, sampah-sampah tersebut bahkan sampai terbentuk seperti dataran yang melandai seperti pinggir pantai.

Suharini menjelaskan kawasan mangrove di Muara Angke itu terbagi menjadi beberapa wilayah yang dikelola oleh pihak berbeda.

Sebagian dikelola Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, sementara sebagian lainnya dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI, serta Dinas KPKP DKI Jakarta.

“Terkait sampah dari Pelabuhan Muara Angke dilakukan pengelolaan secara berkala oleh Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Muara Angke bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup,” kata Suharini. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik

Berita terkait