Luhut Minta KPK Usut Pelaku Kasus Ekspor Bijih Nikel Ilegal

  • Whatsapp
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan di Kenya. (Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)

Tunggu Tanggal Mainnya

Di kesempatan berbeda, Luhut mengatakan kasus ini sudah ditelusuri oleh KPK yang dipimpin Firli Bahuri. Menurut Luhut, KPK sudah melakukan penelusuran sampai ke China.

Luhut bilang KPK tinggal tunggu tanggal mainnya saja untuk mengungkapkan kasus ini dan membawa pelaku untuk diproses hukum.

“Gampang, udah di-trace sama beliau. Gampang itu karena kita sudah punya ekosistemnya ini pak Firli cek di China turun semuanya. Nanti tinggal tunggu tanggal mainnya aja,” kata Luhut.

Sebelumnya, KPK mendeteksi adanya ekspor ilegal ore nikel ke China dengan jumlah mencapai 5 juta ton. Hal itu berdasarkan data Bea Cukai China.

“(Dugaan ekspor ilegal ore nikel) dari Januari 2020 sampai Juni 2022. Sumber website Bea Cukai China,” kata Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria saat dihubungi, Jumat (23/6) lalu.

Merujuk dari data yang dikirimkan KPK, ada perbandingan dari selisih nilai ekspor yang dikeluarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan data Bea Cukai China. Selisih nilai ekspor itu mencapai Rp 14,5 triliun.

Berita terkait