Antisipasi Dampak El Nino, Bendungan dan Sumur Dikerahkan

  • Whatsapp
Foto: Suasana kondisi Bendung Katulampa yang surut, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/7/2023). Bendung Katulampa terus menyusut. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Petani memanen padi lebih awal di Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat, (4/8/2023). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: Petani memanen padi lebih awal di Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat, (4/8/2023). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

“Jadi yang bendungan ada 223, lalu Bendungan total volumenya ada 6,73 miliar, sedangkan yang bisa dimanfaatkan 4,37 miliar m3, dan ini makin lama makin mengering, makin mengecil,” jelasnya.

Untuk itu, Jarot mengharapkan agar terus dilakukan koordinasi yang sangat erat untuk meminimalisir pemanfaatan air.

“Kalau misalnya diprioritaskan adalah untuk air minum, irigasi dengan air minum duluan mana yang harus kita prioritaskan? Jelas adalah air minum. Jadi di sini Bapak/Ibu di tingkat lapangan harus bisa memutuskan lebih baik prioritaskan, lebih baik tidak makan daripada tidak minum,” ujarnya.

Kemudian, Jarot mengatakan, Ditjen SDA juga telah memiliki situ sebanyak 332, dengan volume yang bisa digunakan 48,02 juta m3.

“Bisa gak disitu dipakai semua? Tidak bisa, karena ada yang tidak pakai pintu. Tetapi kalau sudah pakai pintu, airnya tidak mengalir, kami ambil pakai mobile pump untuk diambil airnya, karena ada juga ini namanya adalah cadangan-cadangan yang ada, tetapi pada saat elevasi tertentu tidak bisa mengalir sendiri. Kita pakai ambil dengan mobile pump,” tuturnya.

Berita terkait