Gubernur Canangkan Sulteng Negeri Seribu Megalit

  • Whatsapp
Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura. FOTO : IST
banner 728x90

POSO,– Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, melakukan pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit, di kawasan Situs Palindo, Sepe, Desa Kolori, Kecamatan Lore Barat, Lembah Bada, kabupaten Poso, Selasa, (10/10/2023).

Potensi peninggalan arkeologis di kawasan cagar budaya Lore-Lindu, secara kuantitas berhasil diidentifikasi sebanyak 2007 buah, yang terdiri dari 26 jenis artefak yang tersebar pada 118 situs di empat kawasan yang berbeda.

Di Kawasan lembah Bada, terdapat 35 situs, lembah Besoa 32 situs, lembah Napu 29 situs, lembah Palu dan Danau Lindu 22 situs.

Peninggalan arkeologis terbanyak ditemukan yakni, di lembah Besoa sebanyak 825 buah. Kemudian, lembah Napu sebanyak 752 buah, lembah Palu dan Danau Lindu sebanyak 244 buah serta di lembah Bada sebanyak 186 buah.

Hadir dalam pencanangan, Perwakilan Kementerian Pariwisata, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Forkompinda Sulawesi Tengah dan Kabupaten Poso, Bupati Poso selaku tuan rumah, Bupati Sigi, Bupati Tojo Una-Una, Pimpinan OPD lingkup Sulawesi Tengah dan Kabupaten Poso, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Lembah Tampo Lore serta disaksikan masyarakat sekitar.

Berita terkait