UGM Pecat Dosen Fisipol Eric Hiariej Buntut Dugaan Pelecehan Seksual 2016

  • Whatsapp
Ilustrasi. UGM resmi memecat dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Eric Hiariej buntut kasus dugaan pelecehan seksual pada 2016. (Unsplash/Pixabay)

Pernah Disanksi Kasus Pelecehan

EH sebenarnya sudah disanksi berupa skorsing terkait dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswi.

“Kasus ini telah ditangani oleh Fisipol UGM sejak tanggal 25 Januari 2016,” ujar Dekan Fisipol UGM Dr Erwan Agus Purwanto MSi kepada detikcom, Jumat (3/6/2016).

Sanksi yang diberikan setelah melalui beberapa tahapan, yakni Fisipol UGM melakukan rapat gabungan antara Dekanat, Ketua Senat Fakultas, dan Pengurus Departemen.

“(Rapat tersebut) berkaitan dengan pelanggaran kode etik dosen untuk merespon laporan dari penyintas. Dalam rapat tersebut, Fisipol kemudian menjatuhkan sanksi, (pertama) membebaskan EH dari kewajiban mengajar serta membimbing skripsi dan tesis,” ujar Erwan.

Sanksi kedua yang diberikan kepada dosen berjenis kelamin pria itu adalah membatalkan usulan EH sebagai kepala pusat kajian. Ketiga, Fisipol juga mewajibkan yang bersangkutan mengikuti program konseling dengan Rifka Annisa Women’s Crisis Center untuk menangani perilaku negatif.

“Khususnya yang terkait pelecehan seksual,” imbuhnya.

Berita terkait