Nadiem Makarim Cabut Aturan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah

  • Whatsapp
Foto: Nadiem Makarim/ist

Kurikulum Merdeka Jadi Sorotan

Kurikulum Merdeka rencananya akan menjadi Kurikulum Nasional 2024.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan meluncurkan pengesahan Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional mulai Maret 2024 mendatang.

Kurikulum Merdeka diresmikan pada tahun 2022 silam. Saat ini, Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di sebagian sekolah negeri maupun swasta.

Lantas apa saja keunggulan Kurikulum Merdeka ini hingga akhirnya akan ditetapkan menjadi Kurikulum Nasional?

Dilansir dari laman Direktorat Pendidikan SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (28/2/2024) menerangkan keunggulan dari Kurikulum Merdeka ini yang rencananya akan menjadi Kurikulum Nasional 2024.

Penjelasan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar. Sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Mulai tahun 2022/2023 satuan pendidikan dapat memilih untuk mengimplementasikan kurikulum berdasarkan kesiapan masing-masing mulai dari TK B, Kelas I, Kelas IV, VII, dan X.

Berita terkait