Awal September 2024, Indonesia Punya BBM Baru Rendah Sulfur

  • Whatsapp
BBM Jenis Baru Rendah Sulfur Bakal Dijual 1 September, Ini Nama dan Lokasi Penjualan Perdananya--foto:ist

Jakarta,- Pemerintah dalam waktu dekat akan merilis bahan bakar minyak (BBM) jenis terbaru pada 1 September 2024 mendatang.

Adapun produk BBM baru tersebut disebutkan bakal rendah sulfur dibandingkan BBM bersubsidi yang ada saat ini.

Menteri Koordinator Bedang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan meluncurkan produk BBM rendah sulfur sesuai dengan standar Euro 4.

Airlangga mengatakan, peluncuran produk BBM baru ini akan diterapkan seiring dengan rencana sosialisasi penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran yang juga akan dilakukan pada 1 September 2024 mendatang.

“Kalau (BBM standar) Euro 4 itu harus rendah sulfur, dan tanggalnya bukan tanggal 17 (Agustus),” ungkap Airlangga saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Airlangga menyebutkan, pemerintah akan mulai melakukan sosialisasi penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran pada 1 September 2024. Namun demikian, dia menegaskan bahwa pemerintah tidak akan membatasi penyaluran BBM bersubsidi.

“Iya (September), jadi saya minta untuk sosialisasi dulu. Tapi tidak ada pembatasan BBM, sosialisasi agar tepat sasaran,” ujarnya.

Dia mengatakan, hal ini telah menjadi keputusan rapat koordinasi antarmenteri, yakni dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada rapat koordinasi Selasa (16/7/2024) siang.

Berita terkait