Pelantikan DPRD Parigi Moutong

  • Whatsapp

Sayutin: Bupati dan Jajarannya Mari Kita Bersinergi

KETUA DPRD Kabupaten Parigi Moutong periode 2019-2024 Sayutin Budianto kepada kailipost.com sesaat sebelum pelantikan berharap Bupati dan jajarannya dapat bersinergi dengan DPRD, untuk mengejar beberapa sektor yang masih tertinggal. Tujuannya agar Parigi Moutong dapat menjadi kabupaten unggul dan maju di Sulawesi Tengah,  Kamis (19/09/ 2019) di ruang kerjanya.

Parmout, kata kader Partai Nasdem ini memang telah keluar dari status kabupaten tertinggal dua tahun lalu. Tetapi, dengan sinergisitas sebagai pemerintah daerah, ia yakin Parmout dapat meraih predikat kabupaten maju.

Baginya, ada beberapa sektor unggulan yang perlu digenjot yaitu sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. ‘’Setidaknya perlu investasi besar untuk mengembangkan sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Investasi dunia swasta harus segera diberi ruang seluas-luasnya,’’ ajaknya.

Agar iklim investasi baik, semua regulasi dan dukungan Pemkab sangat menentukan. Dewan, akan all out memback up hal tersebut. Misal kata Sayutin adalah investasi perikanan. ‘’Kita butuh cool storage untuk ikan segar dengan tujuan Kalimantan dan antar propinsi. Kita kaya potensi di Teluk Tomini,’’ terangnya.

Sektor pariwisata, ia mengajak bupati dan jajarannya membangun ekonomi kreatif. Ada wilayah wilayah yang selama ini memiliki potensi sebagai titik transit. ‘’Toboli adalah titik transit selama ini. Dari Gorontalo, Sulut, bahkan ke Sulsel.

Kita support kuliner lokal dan hotel yang grup nasional masuk di sana, Impactnya ke masyarakat sekitar. Kemiskinan biss kita geser dan industri kuliner dan industri kreatif akan tumbuh,’’ tandasnya.

Terkait dengan tingginya angka kematian ibu dan anak di Parmout, DPRD akan mengundang tiga dinas/badan terkait dengan kasus tersebut.

‘’Kita akan undang dimana problemnya kita akan ikut support dan wajib ada target di tahun kedua harus dipastikan kita naik status,’’ jawabnya. ***

Reportase: Danang

Pos terkait

banner 580x60