Sekdaprov Resmi Buka Pelatihan Aparatur Desa

  • Whatsapp
Pelatihan Aparatur Desa

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr.H.Mohamad Hidayat Lamakarate,M.Si secara resmi membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Angkatan Ke II Kab. Parigi Moutong dan Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov.Sulteng, bertempat di Hotel Central Palu, hari Rabu (18/9/2019) Malam.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr.H.Moh.Hidayat Lamakarate,M.Si menyampaikan kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, karena sampai dengan saat ini persoalan pemerintah desa masih saja terjadi diberbagai daerah termasuk di Sulawesi Tengah.

Lanjut Ia menyampaikan mendapatkan informasi dari tempat-tempat yang pernah dikunjungi di daerah Sulawesi Tengah, bahwa ada beberapa kepala desa diduga menyebabkan kerugian Negara. Sehingga diperiksa dan akhirnya ditahan karena adanya kesalahan mengelolah administrasi desa,”. Saya yakin, para Kepala Desa tidak pernah berniat mau menyalahgunakan kewenangan desa”, ungkapnya.

Lanjut Ia berpesan untuk meningkatkan sumber daya bagi aparatur desa untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam hal pengelolaan administrasi desa dan berharap untuk memaksimalkan kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) karena BUMDes merupakan salah satu upaya desa untuk mengelolah ADD menjadi pendapatan baru bagi desa.

Terakhir Ia berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan berharap semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan yang belum dipahami serta dapat mengantar desa lebih maju dan sejahtera.

“tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan dan merubah sikap kepala desa sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam upaya optimalisasi penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan dan kemasyarakatan”,tutur Ketua Panitia dalam laporan Rizal M.Lapadji,S.STP,MH

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 18 September 2019 sampai 21 September 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang bersalah dari Kab. Parigi Moutong, Kab. Tojo Una-Una, Kab. Morowali dan Kab. Buol. Adapun pemateri berasal dari Dinas PMD Prov. Sulawesi Tengah dan Akademisi Universitas Tadulako.

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Pos terkait

banner 580x60