Perdana, Desa Avolua Menjadi Percontohan Desa Ramah Anak

  • Whatsapp
Ilustrasi Kampung Ramah Anak
banner 728x90

Kabupaten Parigi Moutong merupakan pertama di Provinsi Sulawesi Tengah menadikan Kabupaten Layak Anak (KLA). Berkaitan hal itu dan untuk mengembangkan KLA lebih luas dan maju, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan AnaK, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Parigi Moutong, kini membentuk perdana KLA sampai ditingkat Desa dengan membangun Rumah Layak Anak.

Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak DP3AP2KB Kabupaten Parigi Moutong Kartikowati SKM MM mengatakan, dalam rangka Kabupaten Layak Anak, tidak hanya ibu Kota Kabupaten atau Kota Parigi saja Layak Anak, tetapi sampai pada tingkat Kecamatan dan Desa. Sehingga DP3AP2KB membuat satu percontohan yaitu Desa Avolua menjadi Desa Ramah Anak.

“Dalam rangka pengembangan KLA hingga ke Kecamatan dan Desa, kita mencoba buat satu percontohan di Desa Avolua yaitu Desa Ramah Anak,”Ucap Kartikowati saat dihubungi Media ini, Kamis (17/10/19).

Kata Kartikowati, Desa Avolua merupakan perdana dan percontohan bagi Desa yang lain untuk Desa Ramah Anak yaitu pembangunan Taman Bermain Ramah Anak.

“Bangunan Taman Bermain Ramah Anak di Desa Avolua merupakan yang pertama, dan ini bisa diikuti oleh Desa Desa lain,”Ungkapnya.

Kartikowati menjelaskan, bangunan taman bermain ramah anak merupakan kerja sama antara DP3AP2KB Parigi Moutong dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan aparat Desa Avolua.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Parigi Moutong Yusnaeni Ssos mengatakan, dengan adanya bangunan taman bermain layak anak diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mencerdaskan anka bangsa sejak dini dan mensejahterakan keluarga.

“Pemerintah berharap, dengan adanya taman bermain layak anak ini, bisa gunakan dengan baik untuk anak demi mencerdaskan anak dan mensejahterakan keluarga,”Ujarnya.

Taman bermain ramah anak Desa Avolua diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli bidang Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Drs Mohamad Nizam MH didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong dr Agus Suryono Hadi saat kegiatan penilaian lomba P2WKSS tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Parigi Moutong (16/10). ***

Sumber: Diskominfo Kab. Parigi Moutong

Berita terkait