HUT 125 Poso Diiringi “Duka” Lengkeka

  • Whatsapp
banner 728x90

Poso,- Yayasan Panorama Alam (YPAL) Poso dan Relawan menyampaikan rilis terkait kondisi terkini Banjir Bandang di Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat,Kabupaten Poso. Irfan Renggah, Koordinator Tim Relawan  YPAL Poso mengirimkan Situasion Report kepada Kailipost.com Rabu (04/03/2020)  Pukul 22.33 Wita.

 Menurut Irfan, TIM YPAL saat ini sedang bekerja bersama Relawan (Organisasi FMN Poso dan Multazam Makaruru).

“Untuk merespont hal tersebut, YPAL Bersama TIM Relawan akan melakukan Assessment Data Lapangan serta mendukung kebutuhan logistic masyarakat dengan estimasi kebutuhan 2–3 hari kedepan mulai tanggal 4-5 maret,” Tandasnya.

“TIM YPAL dan RELAWAN tiba di lokasi sekitar pukul 19.00 WITA dikarenakan kondisi cuaca yang masih terjadi Hujan dengan Intensitas Lebat,” Tambahnya.

Menurut informasi yang di himpun oleh YPAL Poso beserta Relawan bahwa Pada hari Selasa tanggal 3 Maret 2020 Pukul 14.00 Wita telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di hampir keseluruhan Lembah Bada. Kemudian Salah Seorang warga Desa Lengkeka bernama Lenda Paleba yang saat itu sedang memberi makan Ternak babi peliharaannya tiba-tiba pada pukul 14.30 Wita setelah hujan selama 30 menit. Ia melihat aliran air mulai mengaliri ke wilayah perkampung Desa Lengkeka dengan curah hujan yang semakin lebat dan berpetir. Berselang 30 menit kemudian, pada pukul 15:00 Wita Ia melihat gumpalan air bercampur lumpur dari kejauhan mengarah pada masuk ke rumah warga dari arah Hulu Sungai Wanua.

Kondisi tersebut membuat Ia panik dan langsung berlari kearah barat desa sambil teriak menyampaikan ke warga lainnya “ada banjir kita harus lari kearah barat daerah tinggi, ada banjir bandang mengarah ketempat kita“.Setelah  berada di tempat yang dirasa cukup aman, Ia kembali melihat rumah-rumah warga, termasuk bagian dapur rumah miliknya mulai digenangi air, lumpur serta material batu, kayu, batang pohon menyapu bersih pemukiman warga.

 kemudian disaat yang sama disusul lagi banjir bandang yang kedua dengan pola yang sama, namun sudah menyebar ke hampir seluruh pemukiman warga Desa Lengkeka  Kec Lore Barat, Kabupaten Poso. Akibatnya hal tersebut hingga saat ini pemukiman warga terendam Air, Lumpur dan Material Kayu dan batuan besar yang terbawa oleh banjir tersebut serta sebagian lahan pertanian/perkebunan masyarakat juga di laporkan rusak hingga saat ini.

Berdasarkan Laporan YPAL Poso dan Relawan berikut informasi terkini di Desa Lengkeka,Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso.

Reporter/Sumber: Arman seli/YPAL Poso dan Relawan

Berita terkait