Kotaraya Selatan Masuk 100 Desa Cinta Statistik

  • Whatsapp
Rapat Pencanangan Desa Kota Raya Selatan Sebagai Desa Cinta Statistik/ Ft: Humas Pemda Parimo

Parimo,- Desa Kotaraya Selatan Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah terpilih dalam 100 Desa Se Indonesia yang masuk dalam program Desa Cinta Statistik (Cantik).

Desa Cantik merupakan Inovasi Badan Pusat Statistik (BPS)  dalam upaya semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan guna sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.

“Selain Desa Kotaraya Selatan Kabupaten Parigi Moutong, Masing masing satu desa di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Banggai juga masuk dalam 100 desa terpilih,’’ Ungkap Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Dumangar Hutauruk, M.Si saat mencanangkan desa Kotaraya Raya Selatan sebagai Desa Cantik bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (25/05/2021).

Dumangar Hutauruk mengatakan, desa Kotaraya Selatan  akan menjadi desa binaan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

“Diharap  dengan dicanangkannya Desa cantik di Kotaraya Selatan, kedepan semua desa yang ada di kabupaten Parigi Moutong dapat mencanangkan program Desa Cantik,” Jelas Dumangar Hutauruk.

Di Kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran, memberikan apresiasi kepada masyarakat desa Kotaraya Selatan  yang sudah proaktif dalam memberikan data diri yang lengkap guna sebagai pendorong bagi pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai dengan target SDG’s Desa.

Zulfinasran menambahkan, data saat ini telah menjadi elemen penting dalam arah pembangunan Pemerintah. Menurutnya, setiap kebijakan yang didasari data, maka kebutuhan masyarakat akan tepat sasaran dan tepat guna.

“Pembangunan desa berkelanjutan tentu saja membutuhkan kerjasama semua pihak yang dimulai dengan memperbaiki kualitas data yang dimiliki, sehingga setiap langkah atau program yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah desa menjadi tepat sasaran dan mampu menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya” ungkap Sekda Kab. Parigi Moutong, Zulfinasran.

Sekda Parimo  menyampaikan, Pemda mendukung dan akan mensukseskan program BPS yakni program Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik. 

Pada kegiatan itu turut hadir para Staf Ahli, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Asministrasi Umum, Kepala BPS dan kepala Bappelitbanda Kabupaten Parigi Moutong, serta Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Parigi Moutong. ***

Sumber: Humas Pemda Kabupaten Parigi Moutong

Berita terkait