Ini Konsep Agar Tak Banjir, Air Meluap Saat Hujan di Kota Palu

  • Whatsapp
banner 728x90

Apa solusinya. Mudah sekali. Asal mau dan serius. Pertama; Wali Kota meminta dukungan Gubernur segera rapat koordinasi dengan semua Kepala Balai Jalan Nasional, Kepala Dinas PU Bina Marga dan bawahannya yang mengurusi jalan provinsi wilayah Palu serta Dinas PU Palu. Minta gubernur pimpin.

Apa notednya? Pertama; minta Kepala Balai Jalan Nasional, jalan provinsi di wilayah Palu juga bertanggung – jawab pemeliharaan drainase secara berkala. Baik dengan cara swakelola melibatkan warga Kota Palu.

Dengan model swakelola, Wali Kota dapat memanfaatkan warga sekitar lokasi yang drainasenya bermasalah. Misalnya; Jalan Tanjung Satu dan Tanjung Santigi. Dapat bekerja sama dengan siswa sekolah dan warga sekitar. Demikian juga dengan jalan – jalan yang rawan luapan atau genangan air hujan.

Kedua; Wali kota Palu mewajibkan sudah denda buang sampah sembarangan. Dendanya dapat dirumuskan secara berat, kontinyu dan memberi efek jera. Selama ini, diakui atau tidak warga Palu masih sangat minim kesadaran atau kebersihan lingkungan.

Berita terkait