Biaya Murah Bila Sulteng Jadi Penyangga IKN ; Ini Detailnya

  • Whatsapp

Berikut data yang dimiliki redaksi. Jalur laut ibukota Sulteng, Palu atau Kabupaten Donggala ke Balikpapan, Kalimantan Timur sejak lama telah dilakukan. Bahkan syiar Islam kedua wilayah ini sudah lama terjalin. Saat ini banyak kapal kapal tongkang memuat material galian C dari Palu dan Donggala ke Balikpapan. Dari Pelabuhan rakyat Wani melayani mobilisasi angkutan pangan dan holtikultura serta masyarakat antar wilayah itu. Jarak tempuh dengan transportasi laut sekitar 10 – 12 jam. Sedangkan jarak tempuh trasnportasi udara Palu – Balikpapan hanya 45 menit.

Apa saja selain produk galian C yang selalu dipasarkan di Kota Palu ke Balikpapan? Daging, telur, sayur mayur, beras dan lainnya selama ini mendominasi perdagangan antar pulau kedua wilayah. Nantinya, bila IKN telah aktif, maka Sulteng adalah jalur termudah suplai pangan dan lainnya.

Sabtu, 12 Maret 2022, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Kabupaten Penajam Paser Utara bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan DR Siti Nurbaya Bakar.

Berita terkait