Inggris Kirim Rudal Storm Shadow untuk Hancurkan Pabrik Rusia

  • Whatsapp
Posisi Rusia yang dihantam Storm Shadow. Foto: Yahoo News
banner 728x90

Namun ada versi lain yang menyebut bangunan yang terhantam Storm Shadow adalah pabrik yang digunakan sebagai lokasi pasokan dan pangkalan perbaikan militer Rusia. Yang kedua dikatakan mengenai bekas gedung pemerintah yang sekarang digunakan sebagai barak Rusia.

Seorang politisi pro Putin yang fanatik dikatakan terluka dalam serangan ini. Rekaman video yang viral menunjukkan dia berlumuran darah saat keluar dari reruntuhan.

Rudal jarak jauh seperti Storm Shadow dinilai akan menjadi tantangan baru yang besar bagi Rusia. Menurut pakar militer David Hambling, Strom Shadow dengan jangkauan 250 kilometer jauh lebih berpeluang menyasar target spesifik dibandingkan drone.

Storm Shadow sepanjang 5 meter yang dikembangkan Inggris dan Perancis, berteknologi siluman dengan sistem panduan digerakkan oleh AI. Karena dapat sepenuhnya diprogram untuk menyasar targetnya sebelum lepas landas, Storm Shadow seharusnya lebih mudah untuk diintegrasikan ke jet tempur Ukraina.

Begitu berada di dekat target, rudal dengan hulu ledak seberat 450 kilogram itu menggunakan sudut pandang yang tinggi untuk memindai tanah di bawah, mencari apa pun yang menyerupai gambar satelit yang dimuat sebelumnya dari target menggunakan AI, memakai teknologi DSMAC (Digital Scene Matching Area Correlator). ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait