Dibuka Gubernur, Pemprov Sulteng Gelar Bimtek Daya Saing Daerah 2023

  • Whatsapp

Selama 2 tahun kepemimpinan Gubernur H. Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur Drs. H. Ma’mun Amir, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah meraih sejumlah prestasi yang diakui oleh kementerian/lembaga, antara lain: peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Rp 900 M menjadi Rp 1,7 T, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulawesi Tengah mencapai 70,28%, dan menjadi urutan pertama investasi Penanaman Modal Asing (PMA) pada triwulan I tahun 2023 dengan nilai Rp 28,8 T.

Dalam upaya menjadikan daerah sebagai penyangga Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia Timur (IKN), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah memprogramkan Kawasan Pangan Nasional dan mempersiapkan sektor-sektor potensial seperti pertambangan dan pariwisata.

Wakil Gubernur meminta saran dan masukan mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menghadapi IKN.

Deputi Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam menyusun kebijakan bagi pemerintah daerah.

Melalui bimbingan teknis ini, diharapkan tercipta sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah untuk mencapai daya saing yang lebih baik.*

sumber: Biro AdPim Pemprov Sulteng

Berita terkait