12 Wisata Pantai Yogyakarta yang Cocok Kamu Kunjungi

  • Whatsapp
Foto: Blogspot,com

10. Pantai Nglambor

Pantai ini berlokasi di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Dengan pemandangan bawah laut yang memukau, pengunjung bisa melihat berbagai jenis ikan yang berenang di tepi pantai.

Daya tarik tersebut menjadikan Pantai Nglambor sebagai tujuan yang menarik untuk snorkeling. Pengunjung bisa menyewa paket snorkeling yang sudah dilengkapi kacamata air, kamera bawah air, sepatu snorkel, pelampung, hingga fasilitas lain seperti soft drink dan ruang ganti.

Pengunjung juga bisa mengeksplorasi bukit-bukit yang mengapit Pantai Nglambor. Nantinya pengunjung bisa melihat dua bukit karang berbentuk kura-kura yang menjadi daya tarik pantai ini.

Bukan hanya Pantai Nglambor, pengunjung juga bisa datang sambil menyusuri Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Tiket masuk: Rp 10.000

Waktu operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

11. Pantai Siung

Daya tarik dari Pantai Siung adalah tebing-tebingnya yang menjulang tinggi, sehingga sering dijadikan sebagai area panjat tebing, bahkan sudah mendapat gelar sebagai “The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.”

Selain tebing, pengunjung juga bisa menjelajahi Bukit Pengilon yang bisa dicapai dengan melalui jalur setapak yang disediakan. Pengunjung akan mendapatkan pemandangan pantai hingga sunrise dan sunset dari atasnya.Pengunjung juga bisa melihat kera-kera liar yang bermain di atas tebing jika beruntung.

Lokasi pantai ini sendiri berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pengunjung bisa menginap di area camping, di sini disediakan pula rumah panggung untuk melihat pemandangan laut lebih luas.

Harga tiket masuk: Rp 10 ribu.

Waktu operasional: 24 jam.

12. Pantai Jogan

Pantai ini terletak 200 meter dari arah barat Pantai Siung. Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Jadi pengunjung bisa sekalian menyusuri pantai ini saat berada di Pantai Siung.

Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan panorama pantai sekaligus air terjun yang jatuh ke bibir pantai. Air terjun ini merupakan aliran dari sungai pada perbukitan karst yang bisa pengunjung lihat saat di jalan menuju pantai.

Pengunjung harus melalui jalan yang cukup curam dengan kayu-kayu sebagai pegangan untuk sampai pada bagian bawah air terjun. Di sini pengunjung bisa menikmati sunset dengan latar deburan ombak dan suara air terjun yang jatuh.

Pantai Jogan hanya menyediakan warung kecil yang menjual beberapa makanan instan, jadi sebaiknya pengunjung membawa makanan sendiri dari rumah jika ingin berlama-lama di pantai ini.

Harga tiket masuk: Rp 3 ribu.

Waktu operasional: 24 jam. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik

Berita terkait