12 Wisata Pantai Yogyakarta yang Cocok Kamu Kunjungi

  • Whatsapp
Foto: Blogspot,com

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran bisa menjadi pilihan tepat bagi traveler yang ingin merasakan keindahan alam sambil menyaksikan ritual keagamaan yang tenang.

Pantai ini berukuran tidak lebih dari 1 km, dengan area berpasir yang terletak diantara tebing karang. Lokasinya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Gerbang masuk pantai ini menyerupai gerbang pura dengan patung-patung hindu di sekitarnya. Terdapat Pura Segara Wukir untuk umat hindu dan Candi Mojodipo untuk penganut Kejawen.

Pengunjung juga bisa berfoto di spot foto yang disediakan pengelola, spot foto tersebut berada di tepi tebing dan menghadap lautan lepas. Spot foto dikenakan biaya sendiri

Harga tiket masuk: Rp 5.000

Waktu Operasional: Selasa – Minggu, 24 jam

5. Pantai Kukup

Pantai Kukup memiliki pulau karangnya yang khas, di atasnya dibangun gardu pandang yang bisa diakses menggunakan jembatan dengan nuansa biru yang sudah disediakan.

Di pantai ini biasanya diadakan upacara adat Sedekah Laut yang dilakukan pada bulan Suro. Kegiatan ini dilakukan dengan melarungkan hasil alam atau sesaji ke lautan.

Saat datang ke sini, pengunjung wajib mencoba kuliner hasil laut yang dijual pada warung-warung sekitar pantai. Di sini juga disediakan mushola dan penginapan untu pengunjung

Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 62 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Tiket masuk: Rp 10 ribu

Waktu operasional: 24 jam

Berita terkait