Gelar Aksi Donor Darah Bulan K3, IMIP Target 350 Kantong Bakal Terpenuhi

  • Whatsapp

Dia mengusulkan agar relasi manajemen PT IMIP dengan PMI Kecamatan Bahodopi lebih diperkuat. Misalnya, kata dia, dengan bersinergi untuk membangun sekretariat bersama demi memfasilitasi pelaksanaan kegiatan sosial agar dapat terselenggara dengan lebih baik dan rutin.

“Semoga kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan dan berkesinambungan,” kata Arsan.

Di tempat yang sama, Ketua panitia Donor Darah K3 dr Ferdy Nurhadi dalam sambutannya menjelaskan, ada standar pengecekan kesehatan yang harus dijalani setiap calon pendonor darah. Setelah mendaftarkan diri di meja registrasi dan mengisi formulir, setiap calon peserta akan dicek beragam aspek riwayat kesehatan fisiknya, mencakup berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah.

“Setiap orang yang akan mendonorkan darah, suhu tubuhnya harus normal dan tubuh dalam keadaan sehat. Ini dimaksudkan untuk menjamin kualitas darah pemberi dan penerima donor,” kata dr Ferdy.

Beberapa syarat donor darah yang ditetapkan ialah suhu tubuh 36,5°–37,5° C, kadar Hb dalam darah 12,5–17 gr, dan denyut nadi 60–100 kali per menit. Selain itu, pendonor darah memiliki tekanan darah sistolik di antara 110–159 mm Hg dan diastolik 70–95 mm Hg, dan bukan pecandu alkohol dan narkotika.

Berita terkait