Sulteng Darurat Stunting, Bagaimana Masa Depan Anak?

  • Whatsapp
banner 728x90

Dari mana biaya untuk memenuhi semua itu? Baitulmal memberikan uang untuk mencukupi segala kebutuhan. Dimana kekayaan negara di Baitulmal diperoleh dari jizyah, kharaj, ghanimah, fa’i, harta tak bertuan, pengelolaan SDA dll. Kesemua pendapatan itu bersifat tetap dan besar sehingga negara tak perlu utang. Semua yang dilakukan negara bukan untuk mencari keuntungan, tetapi semata -mata untuk mengurusi kebutuhan seluruh masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Hal ini dilakukan atas dasar keimanan dan tanggung jawab karena akan diminta pertanggungjawaban.

Rasulullah bersabda, “Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan ia pun akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggungjawabannya. Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya.” (HR. Bukhari).

Maka dari itu, sebagai orang yang beriman seharusnya kita dapat memilih mana sistem yang hanya merusak dan mana sistem yang memelihara dan menjamin kebutuhan rakyat. Jika kapitalisme telah terbukti mendatangkan kerusakan dalam setiap kebijakan, maka Islam telah hadir selama 13 abad menjaga dan memenuhi kebutuhan rakyatnya. Dengan begitu, seyogianya kita mengambil Islam untuk mengganti kapitalisme sebagai sebuah sistem yang sempurna. ***

Biodata Pribadi Penulis:
Nama: Eka Rezky W Rahmadani S.Pd
Aktivitas: Pemerhati Sosial dan Perempuan dan Anak, Aktivis Dakwah Kampus, Conten Creator

Berita terkait