30 Wisata Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

  • Whatsapp
Foto: Rifqi Ardita/detikTravel

20. Tebing Breksi

Bermula hanya sebuah tambang kapur, kini Tebing Breksi menjadi salah satu wisata Yogyakarta yang sangat populer. Selain banyak spot foto menarik, tempat ini juga sangat sejuk dan indah. Lokasinya ada di Jl. Desa Lengkong, RT.02/ RW.17, Gunungsari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

21. Pinus Pengger Dlingo

Lokasi wisata Yogyakarta ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan perkotaan dari dataran tinggi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Hutan Pinus Pengger Dlingo ini adalah di malam hari. Lokasinya ada di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

22. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah salah satu tempat indah di Yogyakarta yang menyuguhkan hamparan pasir luas layaknya gurun pasir. Lokasinya ada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

23. Candi Prambanan

Belum ke Yogyakarta jika tidak mengunjungi wisata Candi Prambanan yang menyuguhkan keindahan serta nilai historis yang sangat tinggi. Candi Prambanan juga merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Lokasinya ada di Jl. Raya Solo-Yogyakarta, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

24. Pasar Beringharjo

Wisata Yogyakarta berikutnya adalah Pasar Beringharjo yang terletak di dekat jalan Malioboro. Pengunjung bisa membeli oleh-oleh seperti souvenir, pakaian, batik, hingga blangkon khas Yogayakarta di sini. Lokasinya ada di Jl. Margo Mulyo No.16, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta.

25. Tirta Budi atau Blue Lagoon

Wisata nuansa air di Yogyakarta yang cukup populer adalah Tirta Budi atau Blue Lagoon.

Uniknya, air di sini berwarna biru dan bening layaknya oase di padang pasir. Lokasinya ada di Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman.

26. Taman Bunga Matahari Bantul

Wisata Yogyakarta rasa Jepang satu ini memiliki banyak tumbuhan bunga matahari. Sudah dipastikan banyak spot foto menarik di lokasi ini, dan cukup dengan membayar sebesar Rp 5 ribu untuk masuk ke dalam. Lokasinya ada di Jl. Lintas Selatan, Trukan, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

27. Air Terjun Kembang Soka

Lokasi wisata Yogyakarta satu ini ada di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan air berwarna biru kehijauan yang sangat indah pastinya.

28. Oseng Mercon Bu Narti

Wisata Yogyakarta juga sangat terkenal dari segi kuliner, salah satunya adalah Oseng Mercon Bu Narti. Hidangan ini terdiri dari urat, jeroan, maupun daging sapi yang diolah dengan sambal oseng pedas.

Lokasinya ada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 107, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta.

29. Studio Alam Gamplong

Buat kamu yang pernah nonton film Bumi Manusia tidak akan asing lagi dengan tempat ini. Wisata Yogyakarta Studio Alam Gamplong ini merupakan lokasi pembuatan film Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Kini lokasinya dibuka menjadi salah satu tempat wisata Yogyakarta yang cukup hits. Lokasinya ada di Gamplong 1, Dukuh, Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman.

30. Puncak Becici

Dipenuhi dengan pohon pinus yang rimbun dan sejuk, wisata Puncak Becici sangat layak dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Apalagi jika malam hari, kamu bisa melihat keindahan city light Jogja dengan sempurna dari Puncak Becici ini. Lokasinya ada di Gunung Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Itu dia beberapa rekomendasi wisata Yogyakarta yang bisa membantu kamu untuk menghabiskan liburan sendiri atau bersama keluarga. Masih banyak lagi wisata-wisata lain yang bisa kamu datangi di Yogyakarta. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik

Berita terkait