Wali Kota Hadianto Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

  • Whatsapp

Ibnu Mundzir mengatakan, model Sanitary Landfill merupakan model pengelolaan yang terbaik, dengan mengedepankan aspek lingkungan yang melaksanakan pengelolaan sampah secara terencana dan dilakukan pengerukan dalam durasi yang intens.

“Untuk TPA Kawatuna, durasinya secara harian dan paling lambat mingguan. Untuk pelaksanaannya membutuhkan sumber daya pembiayaan dan manusia yang lebih baik,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kota Palu juga telah melaksanakan pembatasan plastik sekali pakai serta penambahan sejumlah armada pengangkut sampah yang saat ini sekitar 190 unit.

Terdiri dari kendaraan roda enam sebanyak 39 unit, kendaraan roda empat sebanyak 70 unit yang beropreasi di masing-masing kelurahan, serta kendaraan roda tiga sebanyak 81 unit.

Kemudian upaya lain yang dilakukan adalah penambahan gaji Padat Karya sebagai ujung tombak kebersihan di Kota Palu, dari Rp500 ribu menjadi Rp1 juta setiap bulannya.

Di samping itu, Pemerintah Kota Palu juga telah membangun Bank Sampah yang ada di beberapa kelurahan, sebanyak sembilan titik. ***

Editor: Riky Renaldi

Berita terkait