Lima Tahun Bencana Alam dan Palu Masa Depan

  • Whatsapp

Palu masa depan adalah Palu yang mesti menyiapkan dirinya sebagai penyangga strategis Ibukota negara Nusantara. Palu masa depan, akan didesain sebagai kota apa? Lantas menyiapkan apa? Kesiapan warganya bagaimana? Semua itu semestinya menjadi grand desain pemimpin di legislatif dan eksekutif.

Palu masa depan, adalah Palu 2045, ketika Indonesia emas. Palu masa depan sesegera mungkin dikontruksi sebagai kota geo politik baru di sisi IKN. Apakah menjadi kota transit? Kota wisata? Kota perdagangan? Kota industri? Atau apa?

Bergerak lebih cepat, sebuah keniscayaan. Karena Palu lima tahun terakhir kembali membenahi wilayahnya. Kotanya. Manusianya. Tingkat kemiskinannya. Tapi mesti juga dengan lebih cepat menetapkan Palu akan dibawa kemana menjelang tahun depan, ribuan ASN dimobilisir ke IKN.

Kepemimpinan strategis dibutuhkan. Pemimpin yang memiliki kekuatan, pengetahuan, dan pengalaman meletakkan diri sebagai kekuatan kota baru menyongsong IKN. Pemimpin populer dan viral mesti disudahi. Mesti bergeser pada kepemimpinan yang kuat dan melahirkan gagasan strategis. ***

Berita terkait