Catat ! Tujuh Syarat Wajib Puasa Ramadhan

  • Whatsapp
Ilustrasi puasa Ramadhan. Foto: Unsplash.com

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Setiap amalan puasa Ramadhan akan mendapat keutamaan dan pahala berlipat. Oleh karenanya, wajib seorang muslim mengetahui syarat puasa Ramadhan sebelum menjalaninya.

Merangkum buku Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan oleh Ahmad Sarwat Lc., MA, dijelaskan, syarat puasa terbagi menjadi dua macam. Pertama, adalah syarat wajib puasa, yaitu bila syarat-syarat ini terpenuhi, seorang menjadi wajib hukumnya untuk berpuasa. Kedua, adalah syarat sah puasa, yaitu seseorang dianggap sah puasanya bila memenuhi syarat-syarat tersebut.

Maksud syarat wajib adalah hal-hal yang membuat seseorang menjadi wajib untuk melakukan puasa. Bila salah satu syarat ini tidak terpenuhi pada diri seseorang maka Puasa Ramadhan itu menjadi tidak wajib atas dirinya. Begitu pula sebaliknya, bila salah satu dari syarat wajib tidak terpenuhi pada diri seseorang, orang itu tidak diwajibkan berpuasa.

Seseorang yang tidak diwajibkan berpuasa hukumnya bisa sunah, mubah, atau justru haram.

Di dalam kitab-kitab fikih, para ulama telah melakukan berbagai kajian tentang syarat-syarat yang mewajibkan seseorang untuk mengerjakan puasa Ramadhan.

Berita terkait